DIKLAT KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”.

Standar kompetensi guru mencakup kompetensi inti guru yang dikembangkan menjadi kompetensi guru PAUD/TK/RA, guru kelas SD/MI, dan guru mata pelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK*.

Pengertian Kompetensi Kepribadian

Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

Sub Kompetensi Kepribadian Meliputi :

  1. Kepribadian yang mantap dan stabil meliputi bertindak sesuai dengan norma sosial, bangga menjadi guru, dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
    b.   Kepribadian yang dewasa yaitu menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki etos kerja sebagai guru.
    c.   Kepribadian yang arif adalah menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemamfaatan peserta didik, sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.
    d.   Kepribadian yang berwibawa meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadappeserta didik dan memiliki perilaku yangh disegani.
    e.   Berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan meliputibertindak sesuai dengan norma religius (imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong) dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.

Kompetensi kepribadian ini sangat menetukan kenyamanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan guru, menentukan sikap santun antara siswa dan guru dan menentukan penerimaan total guru terhadap siswa. Dengan kompetensi kepribadian yang baik, maka guru akan menjadi panutan, sahabat dan orangtua bagi siswa sehingga siswa dapat diarahkan dengan baik tanpa harus dipaksakan.

Seorang guru layaknya harus mengikuti DIKLAT kompetensi kepribadian minimal satu kali, dengan mengikuti pelatihan kompetensi kepribadian, guru akan mengetahui kompetensi kepribadian dirinya yang harus ditingkatkan dan di maksimalkan sehingga tercapai kompetensi yang baik.

Materi Diklat kompetensi guru, meliputi materi kompetensi kepribadian standar dinas penddidikan dan atau kemenag yang dipadukan dengan Ilmu Psikologi Kepribadian, Tes Kepribadian Dan Pengembangan Kepribadian.

Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang di tanda tangani oleh dinas pendidikan / kemenag terkait, setelah mengikuti diklat selama 36 jam yang Meliputi Tatap Muka, Praktek Dan Psikotes.

DIKLAT KOMPETENSI KEPRIBADIAN DISELENGGARAKAN OLEH QUANTUM NUSA KONSULTAN BEKERJASAMA DENGAN DINAS PENDIDIKAN DAN ATAU KEMENAG DI SELURUH INDONESIA

Untuk Yayasan, Perhimpunan, PGRI dan sekolah yang akan menyelenggarakan DIKLAT kompetensi pengembangan Kepribadian Guru secara internal dan umum dapat menghubungi kami Cp. 085768015681.

INFORMASI PENYELENGGARAAN DIKLAT DI NTB, BALI SURABAYA, MALANG, MADIUN, YOGYAKARTA, SEMARANG, BANDUNG, TANGERANG, LAMPUNG, PALEMBANG, PADANG, RIAU, MEDAN, ACEH, MAKASAR, MANADO, BANJARMASIN, BALIKPAPAN, SORONG.

HUB. CP. 085768015681

 

Tags :

  • contoh diklat kepribadian guru paud

Leave a comment

Your email address will not be published.


*